Resep Bika Ambon Simple 5 Telur By Megie Yunita Maulid

Cobain Juga Resep yang Ini!

  • Resep Bika Ambon Simple 5 Telur By Megie Yunita Maulid
  • Resep Bika Ambon Simple 5 Telur oleh Megie Yunita Maulid

    Berikut ini adalah resep Bika Ambon Simple 5 Telur. Resep Bika Ambon Simple 5 Telur yang dibuat oleh Megie Yunita Maulid cukup untuk 1 loyang.



    resep lengkap untuk Bika Ambon Simple 5 Telur


    Resep Bika Ambon Simple 5 Telur


    Porsi: 1 loyang

    Bahan-bahan

    1. 2 gelas santan
    2. 1 1/2 gelas tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
    3. 1 1/2 gelas tepung tapioka
    4. 11 gram ragi instan (saya pakai 1 sachet Fermipan)
    5. 1 sdt vanili bubuk
    6. 2 gelas gula pasir putih, sebaiknya jgn gunakan gulpas yg kuning
    7. 5 butir telur ayam (utuh)
    8. 50 gram margarine, lelehkan
    9. 10 lembar daun jeruk purut, sobek-sobek
    10. 3 batang sereh, geprek
    11. secukupnya garam
    12. 1 sdt kunyit bubuk

    Langkah

    1. Masak santan bersama dengan daun jeruk, sereh, garam, dan kunyit bubuk (saya lupa memasukkan kunyit bubuknya ??). Aduk terus menerus agar santan tidak pecah. Masak hingga mendidih. Dinginkan. *Note : Setelah santan mendidih dan api kompor dimatikan, aduk terus santan selama kurang lebih 3 menit. Dengan proses pengadukan ini santan akan menyatu sempurna / tidak pecah, akan terlihat seperti susu cair.

    2. Pada wadah yang agak besar, masukkan tepung terigu dan tepung tapioka yang telah diayak. Tambahkan ragi instan dan vanili bubuk. Aduk rata. Tambahkan santan yang telah didinginkan tadi. Aduk dengan menggunakan ballon whisk hingga adonan licin dan tidak bergerindil. Tutup dengan serbet bersih dan diamkan selama 20 menit.

    3. Setelah 20 menit adonan akan bergelembung, tandanya raginya sudah aktif.

    4. Masukkan gula pasir ke dalam adonan, aduk. Tambahkan telur satu persatu sambil terus diaduk. Tambahkan margarin cair dan kunyit bubuk yang telah dilarutkan dengan 2 sdm air panas (karena saya lupa memasukkan kunyit bubuknya ketika memasak santan), aduk hingga seluruh bahan tercampur rata.

    5. Tutup adonan dengan serbet bersih dan diamkan selama 1 jam. Setelah 1 jam, pada permukaan adonan akan tampak gelembung-gelembung dan warna kuningnya akan tampak cantik.

    6. Siapkan loyang (saya pakai loyang square 20 cm, resep asli pakai loyang bulat diameter 22 cm) yang telah dioles margarine / minyak sayur / semprot cooking spray. Tuang adonan ke dalam loyang (sambil saya saring, resep asli ga disaring). Masukkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 150°C (api bawah). Biarkan pintu oven dalam keadaan terbuka hingga adonan mengeluarkan buih.

    7. Setelah buih hilang (kurang lebih 30-40 menit), tutup pintu oven. Panggang selama kurang lebih 20 menit. Nyalakan api atas. Panggang kembali selama kurang lebih 10 menit. Lakukan tes tusuk dengan menggunakan garpu atau lidi. Jika adonan sudah tidak lengket maka bika ambon telah matang dan siap diangkat.

    8. Biarkan bika ambon mendingin terlebih dahulu sebelum mengeluarkannya dari loyang.

    9. Rongga / pori-porinya cantik kan? ?? Seneng deh kalau pertama kali bikin langsung berhasil, apalagi untuk kue yg tingkat kesulitannya lumayan. Yeaayyy... I did it!!!




    Itulah Resep Bika Ambon Simple 5 Telur, Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda.Untuk mendapatkan resep masakan lainnya silahkan gunakan Kotak pencarian yang telah kami sediakan. terdapat lebih dari satu juta resep makan dan minuman yang tentunya dapat membantu menemukan resep favoritmu.


    Untuk mencetak Resep Bika Ambon Simple 5 Telur diatas, klik pada tombol print dibawah ini



    Temukan berbagai resep menarik lainnya selain Resep Bika Ambon Simple 5 Telur By Megie Yunita Maulid diatas pada kategori resep berikut ini

    Anda sedang membaca Resep Bika Ambon Simple 5 Telur By Megie Yunita Maulid dengan alamat Url: https://iniblogkatun.blogspot.com/2018/04/resep-bika-ambon-simple-5-telur-by.html, Bagikan url tersebut di Facebook/Instagram kamu jika resep ini berfanfaat.